CRM menawarkan interaksi pelanggan yang efektif dalam bisnis digital. Menggunakan strategi ini dalam bisnis, memungkinkan untuk memberi konsumen pengalaman yang personal, dan berharga. Terlebih dengan adanya CRM WhatsApp, inovasi teknologi pengolahan interaksi konsumen yang paling diminati saat ini.

CRM WhatsApp merupakan perangkat lunak yang mengintegrasikan WhatsApp Business API dengan strategi customer relationship management. Beberapa contoh fitur yang ditawarkan teknologi CRM WhatsApp meliputi data analitik, chatbot, blockchain serta omnichannel. Kemudahan yang diberikan teknologi ini dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan serta loyalitas konsumen terhadap brand.

Selebihnya mari kita bahas inovasi terbaru crm dan dampaknya terhadap model bisnis digital.

Era Baru CRM jadi Inovasi Teknologi dalam Bisnis Digital

Memahami esensi CRM di dunia digital

CRM atau yang biasa dikenal sebagai Customer Relationship Management, merupakan proses pengelolaan hubungan bisnis dengan pelanggan yang telah digunakan sejak tujuh dekade yang lalu. Sejak dulu, strategi ini membantu bisnis untuk memahami pelanggan, membangun hubungan yang kuat, serta menyediakan layanan atau produk yang lebih baik kepada pelanggan.

Perkembangan pengolahan data konsumen dari masa ke masa tidak lepas dari pengaruh perubahan perilaku pelanggan. Ini menjadi tantangan bagi pemilik dalam membangun bisnis digital yang tahan lama. Ditambah dengan ketatnya persaingan, bisnis juga mau tidak mau harus selalu berinovasi mengikuti perkembangan. Terutama dalam pemanfaatan teknologi manajemen interaksi pelanggan ini.

Inovasi CRM sebagai katalis transformasi

Di tengah pesatnya transformasi digital, efisiensi menjadi hal yang diperlukan dalam proses operasional bisnis. Mulai dari produksi, pemasaran hingga layanan pelanggan. Dalam pelaksanaannya, interaksi bisnis harus dijalankan secara efektif agar proses operasional bisnis tetap produktif. Sehingga, memilih alat yang tepat merupakan langkah yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan keunggulan bisnis.

Adopsi inovasi pengolahan data pelanggan menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh bisnis agar tujuan bisnis tercapai. Berikut jenis-jenis sistem CRM yang perlu diketahui agar penggunaannya dalam bisnis jadi lebih optimal:

  • Operasional: sistem ini membantu memudahkan operasional bisnis seperti proses pemasaran, penjualan, hingga layanan dukungan pelanggan. Biasanya diintegrasikan dengan aplikasi tertentu, contohnya CRM WhatsApp.
  • Analitik: sistem ini merupakan pusat manajemen data meliputi, pemasaran hingga penjualan. SIstem ini dapat membantu bisnis untuk menganalisa data yang digunakan untuk menentukan strategi bisnis.
  • Kolaboratif: sistem crm ini digunakan untuk menyatukan keseluruhan tim agar tujuan bisnis bisa tercapai.

Strategi Rahasia dalam Pemanfaatan CRM

Memahami pelanggan seperti diri sendiri

Posisikan diri anda sebagai pelanggan. Strategi ini sangat ampuh untuk memahami interaksi yang sesuai dengan ekspektasi konsumen. Dengan demikian bisnis dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang relevan. Bayangkan jika bisnis tidak memahami pelanggan, satu saja peristiwa buruk yang dialami pelanggan akan merubah persepsi mereka terhadap perusahaan.

Bisnis akan dianggap tidak mampu menyelesaikan keluhan atau masalah yang dialami pelanggan, sehingga mereka akan memilih untuk beralih ke kompetitor dengan pelayanan yang lebih baik. Dengan demikian hal pertama yang perlu dilakukan oleh pemilik bisnis adalah dengan memperkaya pengetahuan mengenai keinginan pelanggan.

Caranya adalah dengan mengidentifikasi target pasar bisnis anda, kenali siapakah yang akan membeli produk anda. Semakin baik bisnis mengenal konsumennya semakin baik produk yang dikembangkan. Karena produk telah disesuaikan dengan keinginan pelanggan penawaran yang diberikan pun jadi lebih tepat sasaran.

Dalam pelaksanaanya bisnis dapat memanfaatkan data pelanggan yang telah dikumpulkan melalui software manajemen hubungan pelanggan untuk menganalisa kebiasaan ataupun keinginan pelanggan. Analisa ini bisa didasarkan pada segmentasi pelanggan,  misalnya seperti info demografis.

Data tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam pengembangan produk serta personalisasi konten yang relevan dengan target audiens.

Layanan customer service 24 jam tanpa tidur

Konsumen seringkali bertanya tanpa memperhatikan waktu, sedangkan kemampuan agen customer service hanya mampu melayani selama jam kerja saja. Bayangkan jika konsumen menghubungi di jumat malam, kemungkinan tim baru bisa menjawab pada hari senin pagi. Jika and memposisikan diri sebagai pelanggan, apakah anda sabar menunggu?

Untuk mengatasi solusi tersebut, di dunia digital ini sudah banyak perusahaan menggunakan chatbot yang terintegrasi ke banyak platform seperti website perusahaan, whatsapp, hingga media sosial seperti instagram dan facebook. Chatbot dapat mengatasi pertanyaan umum seputar produk atau layanan yang dapat beroperasi 24 jam. Dengan diintegrasikan ke sistem manajemen hubungan konsumen, chatbot dapat menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pelanggan atau pertanyaan terkait riwayat transaksi pelanggan.

Masa Depan CRM dan Dampaknya terhadap Bisnis Digital

Dampak inovasi CRM terhadap bisnis digital

Sistem CRM telah memberikan banyak dampak positif dalam dunia bisnis digital. Dalam bidang operasional, crm dapat menyederhanakan proses penjualan atau layanan dukungan pelanggan. Dengan demikian pelanggan menerima pengalaman interaksi yang lebih personal, serta waktu komunikasi yang lebih efisien.

Disamping itu, sistem pengolah data interaksi konsumen ini memungkinkan perluasan jangkauan pemasaran secara nasional. Ketika bisnis sudah menduduki taraf nasional dengan jumlah konsumen ribuan, pastinya mustahil untuk melakukan pemasaran dan pencatatan data pelanggan secara manual. Dengan memanfaatkan teknologi pengelolaan hubungan pelanggan, interaksi dengan konsumen bisa menjadi lebih efisien.

Upaya Lanjutan dalam Transformasi CRM

Jika perusahaan anda masih baru dalam penggunaan crm, berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebagai tindakan lanjutan  yang harus dilakukan agar sistem crm berfungsi optimal:

  1. Data berkualitas, tanpa data yang berkualitas, sistem pengelolaan hubungan konsumen tidak dapat memberikan informasi yang akurat atau bermanfaat. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa selalu memperbarui data konsumen. Hal ini bisa diterapkan dengan melakukan pembersihan data yang tidak diperlukan secara teratur.
  2. Pelatihan SDM, penting untuk memastikan bahwa karyawan memahami cara menggunakan customer relationship management. Pelatihan SDM yang efektif akan membantu karyawan memahami fitur dan fungsi sistem, serta cara menggunakannya untuk meningkatkan kinerja bisnis.
  3. Pemantauan ROI (Return on Investment), pemantauan secara berkala dapat membantu membantu bisnis menentukan apakah sistem customer relationship management berhasil mencapai tujuan bisnis.

Strategi customer relationship management saat ini telah banyak berkembang. Yang dulunya hanya digunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional saja,  kini juga crm dapat mengoptimalkan keperluan strategis. Inovasi pengelolaan hubungan konsumen ini masih akan terus berkembang di masa depan. Siapkan anda menghadapinya?

 

Inovasi Teknologi dalam CRM: Dampak Mendalam pada Model Bisnis Digital

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *