Di era dimana hampir semua kebutuhan kita sudah serba digital, memiliki keinginan untuk menjadi seorang konten kreator dan streamer sepertinya sudah hal yang umum untuk kita. Namun, tak sedikit juga dari beberapa kalangan masyarakat yang mengatakan jika pendapatan seorang konten kreator itu cenderung sedikit atau bahkan kekurangan. Dalam pembahasan kali ini, kita akan sama-sama membuktikan kalau konten kreator itu pendapatannya gak bisa diremehkan!. Yuk, kita bahas bersama.

Program Creator Funds

Seiring berkembangnya teknologi, sudah banyak platform penyedia live streaming dan semacamnya yang mengadakan program Creator Fund. Creator Fund sendiri merupakan program pendanaan yang merupakan bentuk dukungan kepada konten kreator secara finansial. Dikesempatan kali ini kita akan bahas beberapa platform yang ada di Indonesia yang memiliki program creator fund buat kalian yang baru mau memulai karir sebagai konten kreator.

1. Youtube Shorts Fund

Youtube Shorts Fund

YouTube memfasilitasi para konten kreator untuk mengembangkan video pendek (shorts) mereka dengan menggunakan smartphone dan kamera Shorts di aplikasi YouTube.

Berdasarkan laman Google Supports, YouTube menjelaskan bahwa bonus tersebut bersumber dari Shorts Fund yang dialokasikan sebesar 100 juta dolar AS atau Rp1,4 triliun. Dana tersebut akan didistribusikan kepada kreator yang memenuhi persyaratan selama tahun 2021 dan 2022.

Syarat utama untuk bisa bergabung ke Youtube Shorts Fund adalah kreator harus membuat video shorts original alias video yang tidak pernah diunggah di sosial media lain. Selanjutnya, kreator harus berumur minimal 13 tahun. Bagi kreator yang berusia 13 hingga 18 tahun harus meminta persetujuan orang tua atau wali untuk dibuatkan akun AdSense. Syarat yang terakhir, channel YouTube kreator memiliki setidaknya satu video shorts dalam 180 hari terakhir.

Setelah memenuhi syarat-syarat di atas, pihak YouTube akan menganalisis dan mengidentifikasi channel milik konten kreator yang memiliki performa terbaik. Kemudian akan menghitung imbalan mereka berdasarkan jumlah penayangan (views), dari mana asal audiens mereka, dan faktor lainnya. Walaupun dana yang dikucurkan oleh pihak YouTube sangat besar, tetapi jika kita pertimbangkan dengan syarat dan ketentuan untuk bergabung disini program ini bisa terbilang cukup rumit apalagi untuk kamu pendatang baru.

2. TikTok Creator Fund

TikTok Creator Fund

Belakangan ini memang platform TikTok sedang meledak di media sosial. TikTok yang awalnya merupakan aplikasi menyenangkan yang dirancang untuk anak-anak dirubah menjadi aplikasi yang saat ini digunakan oleh semua kalangan bahkan di seluruh dunia. TikTok juga memiliki program creator funds yakni TikTok Creator Fund, yang mana merupakan program pendanaan dari TikTok yang telah diluncurkan pada bulan Agustus 2020.

Dengan segenap kebesaran dan keuntungan menjadi konten kreator di TikTok tetap saja TikTok memiliki segenap kekurangan seperti persyaratan untuk bergabung ke TikTok Creator Fund yang cukup rumit bagi seorang pemula karena harus memenuhi kriteria yang tidak mudah seperti harus memiliki akun TikTok Pro, memiliki jumlah minimal 10.000 pengikut (followers), memiliki jumlah viewers TikTok lebih dari 10.000 views selama 30 hari, dan sumber trafik video TikTok kamu adalah organik yang berasal dari FYP (For Your Page) dengan persentase 75%.

3. IDN Creator Fund

IDN Creator Fund

Program creator fund milik IDN media juga memiliki tujuan yang tidak berbeda dari yang lainnya. IDN Media meluncurkan program IDN Live Streamer Fund pada April 2022. Program ini bahkan dikabarkan akan menyediakan dana Rp 50 miliar untuk para konten kreator di IDN Live. IDN Live sendiri merupakan platform live streaming yang melengkapi sajian konten populer lainnya yang lebih dulu ada, seperti artikel berita dari media-media di bawah naungan perusahaan, kuis, hingga film.

Dana Rp50 miliar yang disiapkan terbuka bagi siapa saja dan akan didistribusikan pada streamer terpilih yang dinilai memenuhi kriteria tertentu. Turut diberikan juga benefit lainnya seperti media coverage, strategi promosi, akses untuk menggunakan studio profesional IDN Media, dan program pelatihan dan mentoring dari tim IDN Media.

Namun dikarenakan IDN Media merupakan media yang tidak memiliki komunitas serta penggemar yang besar menyebabkan kurangnya peminat atau calon-calon konten kreator yang mungkin masih berfikir dua kali untuk berkarya di IDN Live karena masih sepi meskipun program yang diluncurkan ini terbilang cukup baik.

4. GoPlay Creator Fund

Platform GoPlay Creator Fund

Seperti apa yang diharapkan GoPlay sejak awal untuk meningkatkan kualitas konten kreator Indoensia, sejak 2021 GoPlay sudah aktif mengembangkan konten live interaktif yang real-time yang bertujuan untuk membuat para kreator lokal semakin dikenal semakin luas, memiliki pendapatan yang sustainable, serta mendorong tumbuhnya ekonomi kreator di Indonesia. Dan itulah alasan yang paling mendasarkan GoPlay meluncurkan program GoPlay Creator Fund yang terbuka bagi seluruh kreator di Indonesia.

GoPlay membuka peluang untuk memberikan fasilitas kepada konten kreator sebagai pendapatan berkelanjutan (sustainable) serta mendorong tumbuhnya ekonomi kreator di Indonesia. Kreator berkesempatan mendapat bonus bulanan dengan proses pencairan yang instan dan seamless, potensi peningkatan virtual gift, pelatihan, hingga keuntungan khusus untuk meningkatkan skala program live show mereka.

Selain mendapat bonus bulanan, kreator juga berkesempatan memperoleh berbagai keuntungan dalam meningkatkan skala program live show. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya:

  1. Dapat tampil dalam acara liveshow rutin GoPlay, seperti GoCoustic, hiburan akustik mingguan GoPlay, atau GoPlay Playground, penampilan spesial bulanan yang menampilkan berbagai kreator unggulan GoPlay yang mana juga dapat meningkatkan popularitas konten kreator kepada para penonton.
  2. Kesempatan mendapat sponsor dari brand partner yang difasilitasi GoPlay.
  3. Mentorship khusus dari tim GoPlay.

GoPlay juga tidak melihat dari seberapa viral kamu sebagai content creator, atau berapa banyak followers-nya karena itu semua hanya menjadi patokan popularitas. Oleh karena itu, tidak ada syarat yang menyulitkan kamu sebagai konten kreator pemula dalam menyalurkan karya yang menarik serta kreatif melalui konten-konten positif dan menghibur di GoPlay. Dari sini kita bisa simpulkan bahwa program GoPlay Kreator Fund cenderung lebih mudah dan lebih membantu para konten kreator yang barusan terjun di dunia konten kreator.

 

Beberapa Platform Program Creator Funds

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.