Asuransi mobil memberikan perlindungan pada kendaraan roda empat dari beragam risiko seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kerusuhan.

Dengan asuransi mobil, kendaraan juga bisa terlindungi bahkan sampai bencana alam dan kehilangan jika polis asuransi yang dipilih meliputi bencana alam dan kehilangan. Dengan segala manfaatnya, Anda harus memiliki asuransi mobil, baik itu asuransi mobil All Risk ataupun asuransi TLO (Total Loss Only).

Dalam pemaparan berikut ini, Anda bisa mengetahui polis asuransi All Risk mobil & contohnya.

Selain itu, bagi Anda yang tertarik memiliki asuransi Total Loss Only bisa mendapatkan informasi mengenai asuransi TLO & cara klaimnya.

Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk atau disebut asuransi comprehensive cukup populer karena keunggulannya mencakup hampir seluruh risiko.

Pasalnya, asuransi satu ini menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai dengan mobil hilang akibat pencurian.

Meski begitu, harga premi asuransi All Risk memang cenderung lebih mahal namun cakupan yang ditanggung lebih luas.

Pasalnya, kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara dan bencana alam juga ditanggung oleh asuransi All Risk, sehingga kamu tidak perlu cemas apakah klaim akan ditolak atau tidak.

Jika kamu ingin memberikan perlindungan menyeluruh pada mobil kesayangan, maka asuransi mobil All Risk pilihannya. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu terjadi risiko yang tidak diduga.

Asuransi mobil All Risk juga cocok untuk jenis mobil baru karena menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan hingga 5 tahun.

Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Asuransi All Risk akan menanggung segala jenis kerusakan mulai dari baret, penyok sampai dengan mobil hilang akibat pencurian.

Kerusakan mobil akibat banjir, huru-hara dan bencana alam juga ditanggung oleh asuransi All Risk, sehingga Anda tidak perlu cemas apakah klaim akan ditolak atau tidak.

Karena keunggulannya mencakup hampir seluruh risiko, harga premi asuransi All Risk memang cenderung lebih mahal namun cakupan yang ditanggung lebih luas.

Jika Anda ingin memberikan perlindungan menyeluruh pada mobil kesayangan, maka memilih asuransi All Risk jadi keputusan tepat. Pasalnya, Anda tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu terjadi risiko yang tidak diduga.

Selain itu, untuk Anda yang baru memiliki kendaraan roda empat, maka pilihan tepatnya adalah asuransi All Risk. Pasalnya, asuransi jenis ini dapat menawarkan masa pertanggungan yang lebih pendek, misalnya dari 0 bulan hingga 5 tahun.

Asuransi Mobil TLO

Asuransi mobil terbagi ke dalam dua jenis, yaitu asuransi mobil all risk (comprehensive) dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Produk asuransi TLO memberikan ganti rugi atas risiko kerusakan di mana biaya perbaikannya sama atau lebih dari 75 persen nilai aktual kendaraan. Artinya, asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan parah saja.

Premi asuransi mobil bisa ditarik jika masa asuransi belum berakhir. Namun, jika sudah pernah mengajukan klaim, nominalnya akan disesuaikan. Bila belum pernah klaim, premi yang dikembalikan sesuai dengan sisa masa asuransi.

Manfaat Asuransi TLO

Memiliki asuransi Total Loss Only alias TLO memberikan perlindungan terhadap risiko kehilangan dan kerusakan berat.

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi TLO memproteksi jika kendaraan mengalami kerusakan parah lebih dari 75 persen atau dengan kata lain asuransi ini tidak memberikan perlindungan pada kerusakan-kerusakan ringan, seperti mobil lecet karena terserempet kendaraan lain.

Asuransi ini akan mengcover kondisi berat, misalnya komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.

Premi asuransi ini cocok bagi Anda yang ingin menghemat pengeluaran. Sebab, premi yang harus Anda bayarkan jauh lebih rendah. Asuransi TLO juga disarankan untuk Anda yang memiliki kendaraan dengan usia lebih tua, seperti mobil bekas.

Sebab, asuransi ini akan melindungi kendaraan Anda hingga 15 tahun. Kisaran harga premi asuransi TLO adalah 0,2% sampai 0,69% dari harga kendaraan nasabah dan dibayarkan sekali untuk mendapat perlindungan selama satu tahun penuh.

 

Asuransi All Risk Vs TLO, Ini Perbedaan dan Manfaat-manfaatnya 

Bagikan:

Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.