Nama BlogKu

Catatan sederhana kegiatan blogging

(Bukan) Blog Paling Keren

- Posted in Blogging by



Kalau ditanya, blog paling keren itu yang mana? Saya nggak bisa jawab, karena keren itu relatif dari sudut pandang pembaca.

Apakah keren itu sama dengan populer? Apakah yang dimaksud keren itu banyak pengunjung, tampilan blog menarik, isinya bermanfaat, dan lain sebagainya?

Yang pasti untuk menemukan blog paling keren sangat sulit, apalagi di ranking tidak berdasarkan kriteria tertentu.

Oleh karena itu, lebih baik membahas "bukan blog paling keren" karena ini bisa mewakili hampir semua pembaca atau pengunjung, bahkan pemilik blog itu sendiri.

Banyak blogger dengan alasan tertentu membuat blog, namun dalam hati mengakui bahwa sebenarnya blognya tidak keren. Ngaku saja...lah :)

(bukan) blog paling keren

Kriteria blog tidak keren itu bagaimana?

Ini, menurut saya (mungkin juga yang lain ada yang sependapat). Bukan blog paling keren atau paling populer adalah:

1. Blog yang dipenuhi iklan

Dengan alasan ingin mendapat penghasilan ngeblog, nggak peduli dengan pengunjung. Atas - bawah, kanan - kiri blog dipasang banner iklan yang terkadang menutupi konten atau artikel. Celakanya, iklan tidak bisa di-close. Kurang puas, iklan pop-up pun dipasang dan dimunculkan terus-menerus.

Belum lagi, di dalam artikel penuh iklan, seakan-akan pembaca dipaksa melihat iklan. Kalau tulisan menarik dan bermanfaat sih mending...

Yang miris (bagi saya) iklan djudi, parno, pembesar, dsb dipasang dengan mencolok. Ini salah satu akibatnya, blog dihapus.

2. Blog super lemot

Barangkali ingin tampilan blog terlihat wah... berbagai usaha dilakukan yang justru dapat memperlambat blog terbuka. Padahal konsep blog sebenarnya adalah lebih kepada isi/konten artikel.

Nggak masalah sih punya blog yang cantik, namun bisa menjadi blog yang tidak keren jika sudah lemot banget...

3. Blog pakai bahasa alay

Blog dengan menggunakan bahasa alay mungkin bisa menjadi blog keren bagi kalangan tertentu (yang pasti senang alay). Namun pembaca blog bisa dari berbagai kalangan yang terkadang pesan yang akan disampaikan menjadi tidak berfungsi.

Boleh pakai alay, tapi hanya pemanis saja, nggak perlu lebay banget...

4. Konten blog menjebak

Maksud menjebak disini adalah terkadang judul dan isi nggak nyambung, isi blog 100 persen copas, artikel tidak lengkap seperti situs social bookmark, materi artikel comot sana-sini (biasanya blog dummy untuk cari backlink belaka), artikel translate tanpa edit, dan sejenisnya.

Kalau nemu blog seperti ini, biasanya saya langsung out dan tidak akan datang lagi. Dan jangan harap menjadi blog yang paling keren...

5. Blog dengan link iklan

Masih berhubungan dengan poin 1, meskipun tidak memasang iklan banner berlebihan, terkadang saya menjadi jengkel jika link yang diklik, diarahkan terlebih dahulu ke iklan, bahkan untuk membuka menu atau artikel lain dalam blog tersebut.

Blog download yang lebih banyak menggunakan cara ini, bahkan untuk men-download diarahkan ke beberapa link iklan terlebih dulu (muter-muter dulu..)

6. Blog dengan auto musik

Biasanya terdapat pada blog gratisan (blogspot). Kalau blog dengan hosting sendiri akan berpikir seribu kali.

Sering kali musik diputar otomatis saat blog dibuka. Bagi saya cukup mengganggu, repotnya mau mematikan tidak bisa.

Nggak masalah sih... tapi jangan memaksa orang untuk mendengarkan musik yang mungkin tidak suka.

Blog Paling Keren

Mungkin beberapa kriteria di atas menjadikan dasar saya untuk menilai bahwa blog tersebut tidak keren atau blog kurang populer. Tentu saja bisa bertambah menurut masing-masing pengunjung.

Yang jelas, untuk menjadi blog paling keren, kriteria di atas harus dihilangkan dan yang terpenting dari blog adalah isi blog (artikel) bermanfaat, memberi nilai lebih, mudah dipahami.

Comments