Nama BlogKu

Catatan sederhana kegiatan blogging

Memindahkan Blog Wordpress Ke Hosting Baru

- Posted in Blogging by



Akhirnya blog Wordpress yang pertama kali saya kelola dengan serius harus pindah hosting lagi. Jadi sudah tiga kali merasakan hosting yang berbeda sejak tahun 2011.

Pertama kali order hosting dan domain di Indonix tahun 2011, setahun kemudian tepatnya 6 Juni 2012 pindah ke jagoan hosting sekaligus transfer domain. Dan pada 3 Juni 2017 menjelang domain expired, kembali ditransfer ke tempat lain yaitu Dhyhost sekaligus migrasi hosting yang sebenarnya masih ada waktu 6 bulan lagi.

Ya, dengan berat hati blog Lentera Kecil yang telah berusia 6 tahun terpaksa migrasi ke hosting baru.

Memindahkan Blog Wordpress Ke Hosting Baru

Ada beberapa alasan yang membuat saya memindahkan ke server baru.

Harga domain semakin mahal. Awalnya cuma 80 ribu dan yang terakhir 158 ribu. Beberapa kali ada kesalahan penagihan yang mencapai hampir 200 ribu akibat penambahan fasilitas yang tidak saya minta. Cukup mahal bagi saya. (umumnya domain dot com berkisar 110-135 ribu)

Harga hosting relatif mahal, sehingga saya terpaksa menggunakan pilihan kontrak 3 tahun agar lebih hemat. Itupun masih mahal jika dibandingkan dengan beberapa hosting lain.

Belakangan pelayanan semakin berkurang. Beberapa kali blog tidak dapat diakses karena kesalahan setting DNS karena upgrade hosting (bukan dilakukan saya).

Yang terakhir, entah apa yang dilakukan, disk space blog membengkak tajam. Itupun diluar pemakaian blog (cuma terpakai sekitar 30% dari kuota). Penyelesaiannya harus mengajukan tiket dan tidak dijawab mengapa hal itu bisa terjadi.

Daripada bikin stress, maka saya putuskan untuk migrasi ke hosting yang baru. Meskipun dari pihak hosting baru memberi layanan migrasi dari hosting lama ke hosting baru dengan gratis, namun saya melakukan sendiri.

Bagaimana cara saya melakukan? Silahkan baca Migrasi Hosting WordPress

Di hosting yang baru ini, saya masih menggunakan server IIX dan sudah menggunakan SSD dan harga yang ditawarkan cukup murah. Semoga Dhyhost memberi layanan dan harapan yang baik lagi agar blog Lenterakecil.com tetap eksis

Comments