Membuat Situs Statis HTML

  • Whatsapp

Situs statis yang hanya menggunakan kode html saja mungkin sudah jarang ditemui saat ini. Sekarang lebih banyak situs dinamis yang memang terlihat bagus dan atraktif dibandingkan dengan situs statis.

blog ststis
Salah satu tampilan blog statis

Yang dimaksud situs statis adalah situs yang berisi konten tetap dan jarang di-update karena keterbatasan sistem. Umumnya situs statis tidak memiliki  fitur administrator dan manajemen konten (CMS). Selain itu bahasa pemrograman tidak memungkinkan pengunjung web berinteraksi secara langsung dengan pemilik web dan atau orang lain yang juga sedang mengakses web tersebut.

Bacaan Lainnya

Sedangkan situs dinamis merupakan situs yang bersifat dinamis dan bisa diupdate dengan mudah sehingga sering dilakukan pembaharuan. Situs jenis ini umumnya menggunakan bahasa pemograman yang lebih fleksibel sehingga dapat dimajemen dengan baik serta dapat melakukan interaktif dengan pengunjung situs.

Awalnya semua situs bersifat statis, namun kemudian seiring perkembangan pemrograman, situs-situs pun mengikutinya dengan menciptakan situs dinamis sehingga munculah skrip situs yang bagus seperti wordpress, drupal, joomla dan lain sebagainya yang berbasis PHP.

Namun, bagaimanapun juga, HTML atau Hypertext Markup Language merupakan bahasa utama untuk membuat dan menyusun bagian situs.

Oleh karena itu, saya mencoba membuat beberapa situs statis yang menggunakan HTML murni. Artinya tiodak ada bahasa lain seperti PHP, JavaScript, dan lain sebagainya. 100% hanya menggunakan kode-kode HTML.

Memang sedikit ribet, terutama jika akan mengupdate konten situs, mengingat bukan content manajement system sehingga artikel harus dibuat manual dan berdiri sendiri. Repotnya jika ada halaman yang berkait dengan halaman yang lain, juga harus diperbarui lagi secara manual juga.

Tapi, semua situs statis yang saya bangun hanya merupakan blog dummy dalam arti bukan blog utama hanya sebagai pendukung. Karena hanya membutuhkan domain gratisnya serta tidak diperkenankan untuk membuat situs dinamis pada hosting tersebut.

Namun saya mencoba aplikasi pembuat situs HTML yang sepertinya lebih praktis untuk menulis artikel, tapi masih ribet untuk meng-online-kan. Menggunakan domain id murah yaitu Statis Blog. Tampilan mirip blog dinamis bahkan bisa dibuat komentar pengunjung. Namun tidak 100% html karena menggunakan script lain.

Yah.. coba-coba membangun model blog lain, sambil menunggu perkembangan artikel  Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Souvenirku.id yang kembali merosot di SERP.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *