Gara-gara Iklan QuickStart Adsense, Tampilan Blog Jadi Ramai

Dua hari belakangan ini, saya dibuat bingung dengan adanya iklan adsense di blog-blog saya. Bagaimana tidak? Seingat saya, saya hanya pasang script iklan ditempat-tempat tertentu, namun muncul iklan gambar di beberapa tempat yang tidak saya harapkan.

Dengan demikian, blog jadi ramai iklan adsense (bukan ramai pengunjung loh…). Tampilan blog penuh iklan dan membuat saya kurang nyaman, apalagi (mungkin) pengunjung.

Saya berusaha tidak menempatkan iklan adsense yang sekiranya dapat mengganggu kenyamanan pengunjung blog dalam membaca artikel.

Paling pasang satu iklan di sidebar dan 3 iklan di dalam artikel (atas, tengah, bawah) dengan tidak mengganggu (menutupi) artikel yang ada.

Ternyata oh ternyata….

Saya mengaktifkan iklan quickstart di dasbor adsense. Saya memang tidak memperhatikan secara detail, apakah fungsinya.

Iklan QuickStart Adsense bikin Tampilan Blog Jadi Ramai

Ketemu penyebabnya, setelah mempelajari iklan quickstart yang ternyata baru di-lounching pihak adsense setelah plugin wordpress untuk google adsense di nonaktifkan. Baca Informasi Pengguna Plugin AdSense WordPress

Iklan QuickStart adalah cara yang cepat dan mudah bagi penayang AdSense baru untuk memulai penayangan iklan.

Artinya, ini cara tercepat untuk menempatkan iklan di situs (seperti pada menu di blogspot). Dengan mengaktifkan QuickStart akan muncul iklan bergambar instan di desktop dan seluler.

Jadi kita nggak perlu buat unit iklan, cukup menempatkan kode iklan QuickStart di tag < head > (atau di bagian atas < body >) pada laman di mana Anda ingin menampilkan iklan.

Ukuran, jumlah dan penempatan iklan otomatis dibuat pihak adsense. Jadi, posisi iklan bisa pindah-pindah, di header, sidebar, footer, atau dalam artikel.

Kelebihan iklan QuickStart

  1. Mudah mengontrol iklan karena tidak harus buat unit ads.
  2. Loading blog sedikit ringan karena tidak memasang kode iklan (javascript)
  3. Pihak adsenseakan mengurus iklan mana yang ditampilkan dan tempat ditampilkannya di desktop dan seluler, dengan cakupan iklan yang baik pada blog.

Kelemahan iklan QuickStart

  1. Iklan ditampilkan secara otomatis jika pihak adsense berpendapat bahwa performa blog bagus
  2. Karena iklan QuickStart bersifat otomatis, kita tidak dapat memilih tempat kemunculan iklan di blog, bahkan bisa membuat tampilan blog kurang bagus.
  3. Jika menambah unit iklan, ada kemungkinan akan terlalu banyak muncul iklan (seperti pengalaman saya sebelumnya).

Itu semua terserah kamu… kalau mau pakai quickstart atau tidak, cukup geser saklar yang ada.

Artikel Lainnya

About the Author: Kang Andre

Blogger amatir yang mencoba belajar ngeblog dan berbagi pengalaman lewat artikel online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *