Nama BlogKu

Catatan sederhana kegiatan blogging

Pembayaran otomatis tertunda Transfer bank ke rekening bank

- Posted in Bisnis by



Pada bulan November 2018 banyak publisher adsense di berbagai negara (termasuk Indonesia) mengeluh atau bertanya berkaitan dengan pembayaran adsense di bulan ini, khususnya yang menggunakan metode pembayaran transfer bank (dollar).

Sampai artikel ini dibuat, 25 Nopember 2018, belum ada pemberitahuan di email yang berisi pemberitahuan dari "Google AdSense: Periksa pembayaran terbaru Anda" yang biasanya dikirim pada tanggal 21.

Namun, pada dasbor adsense, ada pemberitahuan pada tanggal 21 Nov 2018 yang isinya "Pembayaran otomatis tertunda: Transfer bank ke rekening..."

Artinya, pembayaran telah dilakukan oleh pihak adsense, namun masih ditunda oleh pihak Bank.

Pembayaran otomatis tertunda: Transfer bank ke rekening

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Seperti kita ketahui bahwa Google adsense dikelola secara pusat di California, Amerika Serikat (USA) meskipun pembayaran diserahkan ke kantor cabang Google. Indonesia masuk wilayah Google Singapura.

Untuk bulan Nopember 2018, pada hari Kamis, tanggal 22 nov 2018, di USA merupakan hari libur nasional yaitu "Thanksgiving day" sehingga bank tutup.

Selanjutnya, pada hari Jumat 23 Nov 2018 merupakan "Black Friday". Meskipun bukan hari libur resmi, namun sebagian kantor bisnis libur.

libur thanksgiving

Oleh karena disebabkan dua hal tersebut, maka Pembayaran otomatis tertunda: Transfer bank ke rekening bank... Selain itu, hari Sabtu dan Minggu merupakan hari libur akhir pekan sehingga memperpanjang masa tunda.

Pada Jadwal pembayaran di bantuan Adsense, untuk transfer bank disebutkan:

  • Tanggal 20: Perubahan pada informasi pembayaran (termasuk penghapusan penangguhan pembayaran) harus diselesaikan pada atau sebelum tanggal 20. Perubahan yang dilakukan setelah tanggal 20 pada bulan apa pun tidak akan berlaku hingga siklus pembayaran bulan berikutnya. Selain itu, saldo total Anda pada tanggal 20 harus mencapai nilai minimum pembayaran. Jika saldo Anda tidak memenuhi nilai minimum pembayaran atau jika Anda memiliki penangguhan pembayaran, Anda tidak akan dibayar untuk bulan tersebut dan saldo Anda akan dialihkan ke bulan berikutnya.
  • Tanggal 21-26: Transfer bank dimulai. Anda akan melihat item baris "Pembayaran sedang berjalan" muncul di halaman "Transaksi".
  • Jika tanggal 21 jatuh pada akhir pekan atau hari libur, pembayaran mungkin dikeluarkan pada hari kerja pertama setelah tanggal 21 bulan tersebut.

Dengan demikian, pembayaran adsense akan dilakukan pada hari Senin waktu USA atau hari Selasa pada waktu Indonesia. Kemungkinan besar, adsense masuk rekening bank Lokal Indonesia pada hari Rabu mengingat ini transfer mata uang asing.

Jadi publisher tidak perlu khawatir jika sudah ada pemberitahuan "Pembayaran otomatis tertunda: Transfer bank ke rekening bank ...... sebesar US$....... "

Saya dulu pernah juga mengalami Pembayaran otomatis tertunda: Western Union.

Comments